Sejak Pemerintahan Soekarno Hingga Jokowi , Dusun Cerumbu Masih Terisolir

www.negaraonline.com, Karo – Dengan mengendarai dua unit Hartoup atau kenderaan gerdang dua, puluhan warga Dusun Cerumbu Desa Kuta Pengkih Kecamatan Mardinding datangi Kantor Bupati Karo.

Kedatangan warga langsung di sambut hangat Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH didampingi Kadis PUPR, Ir Paten Purba, Kepala Bapeda, Ir Nasib Sianturi MSi, Camat Mardingding, Juspri Nadeak dan Sekertaris DPMD, J Hutauruk, di ruangan rapat Kantor Bupati Karo, Jumat (23/11/18).

Maksud dan tujuan perwakilan warga dusun Cerumbu di dampingi Aliansi Pemerhati Hukum Tanah Karo di ketuai Juliadi Kaban SH untuk meminta pertanggung jawaban Pemerintah juga mengharapkan perhatian yang serius terkait belum terealisasinya pembangunan infrastruktur jalan dan jaringan instalasi istrik ke dusun Cerumbu. Sejak Indonesia merdeka 73 tahun lalu (1945 – 2018), dengan kata lain sejak pemerintahan Presiden Ir Soekarno hingga pemerintahan Presiden Ir Joko Widodo, warga disana belum menikmati kehidupan yang layak seperti warga di daerah daerah lainnya, kata Juliadi.

Baca juga :
http://www.negaraonline.com/dirajia-game-zone-sat-pol-pp-diintimidasi-panglima-talam

Kami merasa prihatin atas nasib warga dusun Cerumbu yang berjumlah kurang lebih 80 kepala keluarga atas kesulitan yang di alami warga disana, sehingga merasa ada panggilan jiwa untuk menyalurkan aspirasi kepada Bupati Karo, ungkapnya.

Hasil dari keputasan rapat bersama warga dusun Cerumbu dengan pihak Pemkab Karo dan beberapa instansi SKPD menghasilkan poin arahan dan petunjuk langsung dari Bupati yaitu terkait pembangunan infrastruktur jalan desa mengingat daerah dusun Cerumbu masih dalam status kawasan hutan negara untuk itu Bupati menegaskan kepada Kepala Bapeda untuk secepatnya menyusun laporan dan berkordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi dalam pelepasan terkait status kawasan tersebut, agar dapat mengusulkan permohonan dana ke Provinsi untuk proses pembangunan infrastruktur, kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengambil kebijakan dan secara langsung memerintahkan Kepala Dinas PUPR dan Camat Mardinding agar hari Senin (26/11) turun ke lokasi agar tau apa saja yang dibutuhkan masysrakat disana.

Terkait masalah penerangan listrik ke dusun Cerumbu sudah dalam tahapan proses realisasi dan memerintahkan Camat Mardinding untuk menanyakan kembali ke PLN Cabang Tigabinanga. Sejauh mana sudah perencannaanya dan diminta kepada masyarakat agar tidak mempermasalahkan mengenai pembebasan lahan agar cepat terealisasi nantinya, ujar Bupati.

Mendengar penjelasan Bupati, perwakilan warga dusun Cerumbu akhirnya membubarkan diri, namun Bupati juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama warga di halaman kantor Bupati Karo (Daris Kaban).

Tinggalkan Balasan