Terkait Pengawasan Ketahanan Pangan, Pemkab Asahan Lakukan Sidak

Negaraonline.com, Asahan – Asisten II, Drs John Hardi Nasution MSi didampingi Kadis Kopdag, Witoyo MM, Kadis Kominfo, H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Seketaris Satpol PP, Sofian Manullang SH dan pejabat lainnya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terkait pengawasan ketahanan pangan di Kota Kisaran seperti di pasar Kartini, Diponegoro dan Bakti, Selasa (28/5/19).

Dari kegiatan sidak tersebut diketahui tidak ada penimbunan barang, karena stok komoditas pokok masih mencukupi untuk kebutuhan di bulan ramadhan hingga lebaran Idul Fitri. Ketersedian bahan kebutuhan pokok di Kota Kisaran cukup. Sejauh ini tidak ada penimbunan dan konsumsi yang berlebihan, kata John.

Kegiatan sidak sebagai bentuk pengawasan pemerintah Kabupaten Asahan terkait stok dan harga sembilan bahan pokok (sembako) menjelang bulan ramadan hingga lebaran Idul Fitri seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur, minyak goreng, tepung terigu, cabe, bawang dan lainnya masih cukup. Selain itu, harga sejumlah komoditas terbilang cukup stabil.

Beras kwalitas premium harganya masih stabil berkisar Rp 12.500/kg, telur ayam Rp 1300/butir, harga daging sapi murni dan ayam broiler juga tidak mengalami kenaikan, yaitu Rp120.000 dan Rp 24.000. John mengakui terdapat juga kenaikan harga cabe merah dari Rp 32.000/kg menjadi Rp 35.000/kg.

Tetapi, kenaikan harga tersebut masih berada di bawah harga tertinggi di Kabupaten Asahan.

John menghimbau masyarakat agar tidak konsumtif dengan membeli bahan kebutuhan pokok secara berlebihan yang dapat menimbulkan kelangkaan sehingga berakibat pada kenaikan harga.

Kita harapkan masyarakat tidak khawatir adanya kekurangan stok bahan pokok di bulan puasa hingga lebaran Idul Fitri. (Bawadi)

Tinggalkan Balasan