Untuk Mencegah Siswa/i dari Penyalahgunaan Narkoba dan Kriminal, Begini Dilakukan Dinas Pendidikan

www.negaraonline.com, Asahan – Dinas Pendidikan kabupaten Asahan menggelar festival kearifan lokal tari gubang tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Asahan, demikian penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Asahan, Asmunan, SPd melalui Kepala Bidang Kebudayaan, H Syamsuddin SPd. Rabu (21/11/18).

Kegiatan bertujuan untuk memilihara dan menumbuhkembangkan semangat mencintai budaya lokal Asahan khususnya bagi generasi muda, meningkatkan kreatifitas siswa dalam seni tari gubang dalam rangka pengutan budaya dan menumbuhkan kebersamaan, persaudaraan, silaturrahmi, persatuan dan kesatuan sesama pelajar.

Tema kegiatan tersebut, melalui pelestarian budaya Asahan kita perkenalkan budaya Asahan kepada dunia.

Baca juga :
http://www.negaraonline.com/dirajia-game-zone-sat-pol-pp-diintimidasi-panglima-talam

Melalui kegiatan ini juga diharapkan generasi muda dapat terhindar dari berbagai kejahatan seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, fornografi dan kejahatan lainnya. Kegiatan ini juga mendukung terwujudnya visi misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

Kepada para kepala sekolah diharapkan agar tari gubang ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di sekolah masing masing. ” Kalau bisa tari gubang ini dapat menggantikan senam di sekolah sekolah,” ujar Syamsuddin.

Khairani selaku panitia dalam laporannya mengatakan kegiatan dilaksanakan dari tanggal 21 – 23 Nopember, bertempat diaula SKB Disdik, diikuti 33 grup (198 orang). Kegiatan memperebutkan tropi, piagam, uang pembinaan bagi juara 1, 2, 3 dan harapan I.

Kepala SDN 010086 Selawan Kecamatan Kota KisaranTimur, Umar Halim Siregar SPd mengatakan sangat mendukung seluruh kegiatan yang positif seperti festival tari gubang ini.

” Semoga kegiatan ini kedepanya dapat diikuti seluruh sekolah dasar yang ada di Asahan. Kita juga berharap para siswa mengetahui dan mencintai berbagai kearifan lokal dan akhirnya mampu diperkenalkan keluar daerah bahkan hingga dunia.” Terang Umar(FR).

Tinggalkan Balasan