Vaksin Meningitis dan Influenza, Diberikan Kepada 402 Calon Jemaah Haji

www.negaraonline.com, Asahan – Suntikan dua vaksin, yakni vaksin meningitis dan influenza, diberikan kepada 402 calon Jemaah Haji kabupaten Asahan, di kantor Dinas Kesehatan setempat. Selasa (15/5/18).

Pemberian vaksin dilaksanakan untuk menangkal penyakit yang datang ke tubuh calon jemaah haji yang akan menunaikan rukun Islam kelima di tanah suci Mekkah dan hari ini akan dituntaskan pemberian 2 vaksin tersebut yang sudah menjadi perintah Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang, jelas Kepala Dinas Kesehatan.

Terpisah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Saprin Hutahean menjelaskan, pemberian vaksin meningitis kepada calon haji dilakukan agar tubuh mereka dapat menangkal penyakit radang selaput otak. Lalu vaksin influenza agar mereka tidak mendapat flu saat menunaikan ibadah haji, di tanah suci nantinya, ujarnya.

Untuk vaksin influenza menggunakan anggaran dari APBD Asahan, sedangkan meningitis dari pusat, sebut Saprin.

Sementara itu, diketahui untuk vaksin melalui suntikan tersebut sedikit berbeda bagi para calon haji wanita, karena sebelum disuntikan, mereka terlebih dahulu diperiksa air urien (air kencing).

Hal ini dilakukan petugas kesehatan, untuk mengetahui apakah calhaj wanita hamil atau tidak? Selanjutnya bila dari test dinyatakan hamil, maka calhaj wanita tersebut tidak akan mendapat suntikan vaksin meningitis dan tidak berangkat haji.

Pihak Kementerian Agama melalui Kepala Seksi Haji, Jamaluddin mengatakan, data calhaj Asahan yang akan berangkat menunaikan haji sebanyak 402. Ada 402 calon jemah haji kita, “namum berapa laki-laki dan wanita saya tidak hafal,” ungkapnya.(FR)

Tinggalkan Balasan