Wakil Bupati Karo Hadiri Acara Peletakan Batu Pertama Gapura Lintas Agama

Negaraonline.com, Karo – Acara peletakan batu pertama Gapura Kerukunan Antar Umat Beragama di Lorong Ikuten Vanleith Kelurahan Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo di hadiri oleh Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang pada pukul 09.30 WIB Selasa (05/03/19).

Dalam kata sambutan nya Wakil Bupati Karo sangat mengapresiasi dan bangga atas pembangunan Gapura lintas Agama ini, “yang pertama sekali saya ucapkan banyak terima kasih kepada Panitia yang telah berniat membuat terobosan ini, dengan ide kratif seperti ini,” kata Cory.

” Semoga dengan adanya gapura ini jalinan silaturahmi antar umat ber agama dapat semakin erat dan dapat saling merangkul antara satu dengan yang lainya, saya berharapkan Desa atau Kelurahan yang lainnya bisa mencontoh dan mengikuti apa yang telah dilakukan oleh warga Lorong Ikuten ini,” ucap Cory Sebayang.

Cory menambahkan, sesuai yang disampaikan pak Pinem kepada saya, bahwa ini adalah swadaya warga, maka secara pribadi saya juga akan membantu pembangunan ini, ” secara pribadi bukan atas nama pemerintah , hal ini saya dukung dan siap membantu, Dan kita sebentar lagi melaksanakan pesta demokrasi Pemilu, maka mari kita sukses kan, walau beda agama, beda pilihan tetap satu tujuan dan jaga situasi kondusif agar terwujud pemilu yang damai,” tegasnya.

Abadi Pinem selaku Ketua Panitia saat di temui di lokasi peletakan batu mengatakan, kalau pembangunan Gapura ini di latar belakangi oleh adanya rumah Ibadah yang letak nya bergandengan yakni rumah ibadah Umat Islam, Kristen, Vihara Buddha yang satu satunya ada di Tanah Karo secara bergandengan dan bahkan satu dinding.

” Menandakan kerukunan umat beragama yang selama berpuluh puluh tahun tetap hidup berdampingan rukun dan damai, ” ujarnya.

Perwakilan Umat Islam Haji, R. Kumar di sela sela kegiatan menyampaikan pembangunan Gapura Lintas Agama ini nantinya di desain sedemikian rupa sebagai contoh bukti kebersamaan antar umat, dan jangan hanya sebatas Gapura ini saja. Namun kerukunan umat beragama harus lebih ditingkatkan, terlebih daerah kita ini adalah daerah wisata yang sangat kompleks, artinya keberagaman itu indah, ungkapnya.

Bentuk Gapura nantinya sesuai desain yang di tunjukkan oleh panitia pelaksana akan dibentuk dengan relief bermotif Budaya sesuai kearifan lokal khas Karo dan menggambarkan tiga lambang keagamaan yaitu Islam, Kristen dan Buddha.

Tampak hadir dalam acara pelaksanaan peletakan batu pertama gapura tersebut diantaranya Muspika Plus Kec Berastagi, Tokoh Agama , Tokoh Adat , Pemuda dan para ibu ibu Lansia serta warga Lorong Ikuten Berastagi. (Daris Kaban)

 

Tinggalkan Balasan